Sleman (MTsN 10 Sleman) Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu  oleh umat Islam. Di dalamnya, setiap amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Berkaitan dengan itu, MTsN 10 Sleman menyelenggarakan  kegiatan pendidikan keagamaan yang bertajuk “Pesantren Ramadhan”. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa-siswi MTsN 10 Sleman terkhusus untuk kelas 8. Masjid Miftakhul Khair yang merupakan masjid madrasah menjadi pusat pelaksanaan kegiatan selama dua hari, Kamis dan Jum’at tanggal (4 – 5/4/2024)

Hari pertama, kegiatan Ramadhan dimulai pukul 07.30 WIB dengan agenda pelaksanaan shalat dhuha dan tadarus Al-Qur’an. Berselang 30 menit, agenda pembukaan kegiatan Pesantren Ramadhan mulai dilaksanakan dengan dipimpin oleh Raffan dan Dzaki yang merupakan siswa kelas 8. Kegiatan pembukaan dilaksanakan semi  seremonial meliputi : pembukaan kegiatan, arahan kepala madrasah, arahan guru dan diakhiri dengan do’a.

Dalam arahannya Kepala MTsN 10 Sleman Paijo, S. Ag, MPd  mengingatkan kepada  siswa-siswi kelas 8 yang menjadi peserta, “Kalian harus mengikuti kegiatan Ramadhan ini dengan ikhlas dan senang,”ujarnya. Kemudian dijelaskan kembali oleh pak Paijo “Ketika ikhlas dan seneng sudah dilaksanakan maka ilmu akan mudah untuk didapat” tambahnya.  “Iya Pak, siap Pak,” serempak  siswa merespon arahan kepala madrasah.

Pukul 09.00 tepat, acara inti diawali pemberian materi kepada peserta kelas 8kelas 8. Materi pada kesempatan ini disampaikan oleh penyuluh keagamaan dari Kantor Urusan Agama (KUA) Ngaglik yakni Sakhirin S.H.I. dengan tema thaharah. Dalam materinya,  Sakhirin menegaskan kepada anak-anak bahwasannya thaharah merupakan suatu yang sangan penting. “Thaharah merupakan kunci dari semua ibadah,” ungkapnya. Kemudian para siswa-siswi diajak untuk melakukan praktek berwudhu sebagai bentuk evaluasi kegiatan. Dipandu Bapak Ibu guru pembimbing, satu per satu peserta pesantren Ramadhan melakukan  praktik ulang berwudhu dan tata cara salat  dengan benar.

Sebagai penutup kegiatan pesantren Ramadhan hari pertama, para peserta melaksanakan shalat dhuhur berjamaah. Hari kedua pesantren Ramadhan akan dilaksanakan pada hari selanjutnya dengan agenda pengajian Nuzulul Qur’an dan buka bersama. (MAA, /editor:nsw)