Sleman (MTsN 10 Sleman) Guru MTsN 10 Sleman mengikuti Character Building yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris kabupaten Sleman. Senin, (20/4/2024) bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024. Kegiatan kalin ini mengambil tema “Teamwork makes the dream work”. Acara berlangsung di area outbound OMAC (Objek Mata Air Cokro) Klaten, Character building diakhiri dengan river tubing menyusuri sungai sepanjang kurang lebih dua kilometer.

Berangkat dari dua titik kumpul, di MTsN 4 Sleman dan MTsN 3 Sleman, perjalanan dimulai. Peserta character building sejumlah tiga puluh tujuh, terdiri 36 guru bahasa Inggris dan satu pembina. Acara dibuka oleh Kasi Dikmad Drs.H. Tulus Dumadi, M.A., dalam sambutannya dikatakan bahwa tantangan guru sekarang semakin berat oleh karena itu guru harus banyak belajar untuk menambah wawasan.

“Tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas, dan jangan lupa bahagia. Refreshing inisekaligus membangun karakter kerja sama dan kekompakan,“ujar Kasi. Pada kesempatan yang sama, Drs. H. Harsoyo sebagai pembina MGMP Bahasa Inggris sekaligus menjabat Kepala MTsN 4 Sleman berpesan, “Lakukan yang terbaik untuk kemajuan madrasah”.

Acara diawali dengan permainan yang membutuhkan konsentrasi individu dan kekompakan kelompok. Permainan diikuti dengan antusias dan penuh keceriaan, seakan melepaskan segala beban dan penat yang ada. Setelah selesai permainan dilanjutkan salat duhur berjamaah sebelum akhirnya menyusuri sungai dengan menggunakan tabung bundar (ban). Peserta tubing duduk manis di tube yang sudah diberi tali sehingga mirip orang sedang duduk santai, perjalanan mengikuti arus hingga tempat berakhir yang sudah ditentukan. Belum puas menyusuri sungai sepanjang dua kilometer, sebagian peserta melanjutkan berenang di kolam yang telah disediakan. Air yang jernih dari mata air yang dibendung, membuat badan segar dan enggan beranjak dari sana. Acara diakhiri dengan makan siang bersama dan pulang kembali ke Yogyakarta.

Pelaksanaan character building ini merupakan akhir dari rangkaian Bimtek yang membahas tentang pembuatan modul Bahasa Inggris kurikulum merdeka. Bimtek diadakan setiap bulan dimulai sejak Februari 2024.  Atik, selaku ketua MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sleman yang memprakarsai acara ini berharap rekan-rekan bisa kembali segar dan bersemangat untuk berkarya dan membimbing anak-anak didik di madrasah tempat tugas masing-masing.

“Alhamdulillah outbound tidak terlalu melelahkan tapi tetap menyenangkan dan menyegarkan” ungkap Ratna salah satu peserta saat mengakhiri perjalanan. (rfd)