Sleman (MTs Negeri 10 Sleman) Manasik haji dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah hal-hal yang berhubungan dengan ibadah haji, seperti ihram, tawaf, sai, dan wukuf. Arti lainnya adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya.

Dalam rangka memperkuat penerapan materi Haji yang telah disampaikan di kelas 8, MTs Negeri 10 Sleman akan mengadakan manasik haji besok Rabu (22/05/2024) bertempat di wisata religi ‘Qolbu” Boyolali. Dalam kegiatan tersebut, peserta didik  akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan haji mulai dari rukun, persyaratan, wajib, sunnah haji maupun hal-hal yang dilarang selama pelaksanaan haji. Kegiatan manasik akan dilaksanakan oleh semua peserta didik kelas 8. Guna mempersiapkan kegiatan tersebut hari ini Senin (20/05/2024) dilaksanakan pembekalan.

Pembekalan dilaksanakan di Dome MTs N 10 Sleman yang dikoordinir oleh Ibu Erni Andaryati, S.Ag di dampingi oleh Bapak Ibu Guru Pengampu Mata Pelajaran Agama. Dalam pembekalan disampaikan berbagai perlengkapan yang harus disiapkan dan dibawa ketika manasik haji, cara menggunakan ihram serta pembagian ihram bagi jamaah laki-laki.

“Silahkan anak-anak melaksanakan sesuai dengan rukun haji yang telah disampaikan. Laksanakan dengan serius sehingga kegiatan besok rabu di Boyolali bisa menjadi pengalaman yang berharga dikemudian hari. Semoga Allah mengundang kita ke Baitullah.” pungkas Erni Andaryati, S.Ag selaku koordinator Tim Keagamaan. (ikd)