SLEMAN (MTsN 10 Sleman)– Dua guru matematika dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 10 Sleman, Rusyiamti, S.Pd., M.Si., dan Sri Wahyuningsih, S.Pd., mengikuti Workshop Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Deep Learning. Acara ini diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamis, (21/8/2025).
Workshop tersebut merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang menyasar 30 guru matematika MTs negeri dan swasta di Kabupaten Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan metode pembelajaran terkini.
Bertempat di Ruang Sidang 3 FMIPA UNY, acara dibuka oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA UNY, Dr. Ali Mahmudi. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi atas partisipasi para guru. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa,” ujar Dr. Ali Mahmudi.
Workshop sehari bertema pendekatan deeplearning membekali peserta dengan materi seputar peningkatan pembelajaran :
- Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Matematika oleh Dr. Eminugroho Ratna Sari, M.Sc.
- Panduan Penyusunan Worksheet di Wizer.me oleh Dr. Eminugroho Ratna Sari, M.Sc.
- Pengembangan Modul Ajar Pendekatan Deep Learning oleh Nila Mareta Murdiyani, S.Pd., M.Sc.
- Modul Ajar Kurikulum Merdeka oleh Nila Mareta Murdiyani, S.Pd., M.Sc.
- Analisis Kurikulum dan Capaian Pembelajaran Matematika oleh Dr. Ali Mahmudi.
- Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) sebagai Konsep Kekinian oleh Prof. Sugiman.
- Evaluasi Pembelajaran Matematika yang Mengimplementasikan Deep Learning oleh Dr. Syukrul Hamdi.
Sri Wahyuningsih mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan ini. “Berbagai materi disajikan oleh ahlinya. Insyaallah sangat bermanfaat,” tuturnya, yang juga merupakan anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Guru MTs Sleman. Rusyiamti menambahkan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar pertemuan biasa, tetapi ajang untuk memperdalam ilmu. (nsw)