Sleman (MTsN 10 Sleman) Penghujung akhir  kelas 9 merupakan masa yang sangat vital. Pada masa ini siswa kelas 9  berlomba-lomba menentukan dan mencari sekolah lanjutan yang mereka inginkan. Sebagian dari mereka telah  mendapatkan sekolah yang diinginkan, tetapi ada pula sebagian anak yang belum mendapatkan sekolah yang mereka inginkan. Untuk itu, MTsN 10 Sleman menyelenggrakan  acara bertajuk Education Fair 2024 Matsesa. Acara tersebut dilaksanakan di Dome Matsesa pada hari Kamis (06/06/2024) pukul 08.00- 11.30 WIB. Acara   bekerja sama dengan  16 sekolah lanjutan SMA  dan SMK swata area Sleman dan Kota Yogyakarta. Masing-masing sekolah membuka stand di sekeliing dome dengan sajian menarik menawarkan keunggulan masing-masing sekolah.

Acara Education Fair 2024 Matsesa dimulai dengan sambutan  kepala Madrasah, kemudian penyampaian presentasi dari setiap sekolah, dilanjutkan dengan kunjungan siswa-siswi Matsesa ke stan -satan  sekolah lanjutan yang sudah dipersiapkan. “Education Fair 2024 ini meruoakan sebuah fasilitas yang diberikan seklah untuk anak-anak kelas 9, agar bisa membuka wawasan dan mengetahui beberapa sekolah lanjutan yang ada di Yogyakarta”, ucap Kepala Madrasah  Paijo S.Ag.  dalam sambutannya.

Dalam acara tersebut sekolah lanjutan yang mengikuti membawa banyak sekali alat peraga untuk menunjukkan keunggulan sekolah masing-masing. Mulai dari motor listrik, busana-busana menarik, pengharum pakaian, olahan makanan, pembuatan obat-obatan dan lain sebagainya. Pada  sesi kunjungan siswa  Matsesa juga diperbolehkan untuk mencoba alat-alat peraga yang telah dibawa oleh sekolah-sekolah itu.

Besar harapan  bapak-ibu guru dengan diadakannya acara Education Fair 2024 Matsesa, bisa membantu siswa-siswi kelas 9 menentukan sekolah yang akan dituju pada pendidikan selanjutnya. “Ya, kami berterima kasih untuk semua sekolah yang telah bekerja sama dengan Matesesa menyukkseskan acara ini. Harapnnya dengan acara ini bisa membantu anak dalam menentukan sekolah yang akan dipilih untuk kelanjutan pendidikannya”, ucap Sargiyono S.Pd. selaku ketua acara Education Fair 2024 Matesa.

Acara berlangsung lancar dan meriah. Hal ini tak lepas dari peran pemandu acara MC)  Rahmayanti Ayuba, S.Pd. dan Khanzanida, S.Pd. Berbagai yel-yel, permainan dan icebreaking disajikan untuk mengembalikan keceriaan dan konsentrasi peserta. Edufair hari itu  berakhir saat azan penanda salat zuhur berkumandang. Peserta beralih ke masjid madrasah guna melaksanakan salat zuhur berjamaah.  (maa/nsw)